INFORMASI SEPUTAR IELTS BESERTA TIPS & TRIK IELTS.. PERTANYAAN DAN SARAN PLEASE CALL 021 5694 7377 / EMAIL : ielts.clc@gmail.com

4 Cara Jitu Meningkatkan Listening Skills


"Kok bisa bisa yah score Listening saya rendah ?" Banyak sekali yang melontarkan pertanyaan seperti itu sesudah mereka menerima hasil test IELTS. Mungkin mereka tidak habis pikir bagaimana bisa score Listening saya rendah sedangkan nilai reading, speaking dan bahkan writing saya cukup bagus dan mereka juga merasa bisa mengerjakan soal soal listening pada saat test. Perlu di ingat bahwa selama apapun anda mengikuti preparation ielts, tidak akan cukup untuk meningkatkan skill anda secara maksimal, jika anda tidak melakukan improvisasi untuk coba belajar di luar dari apa yang di dapatkan di tempat les. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana meningkatkan kemampuan listening atau How to Improve Your English Listening Skills. Sebenarnya banyak sekali cara untuk melatih pendengaran kita untuk terbiasa dengan ucapan ucapan bahasa inggris.


Di beberapa tempat yang mengadakan ielts preparation program, sebenarnya mereka telah menyediakan peralatan untuk melatih listening skill. Namun keterbatasan waktu dan peralatan tentunya menjadi kendala untuk memaksimalkan peralatan yang ada. Di bawah ini akan saya berikan beberpa tips yang efektiv untuk meningkatkan listening skill anda.
  • Radio online
Untuk bisa menjalankan tips yang satu ini, anda harus sudah terkoneksi ke internet dan pastikan anda telah mempunyai software yang bisa memutar aplikasi radio online. Winamp adalah salah satu software yang saya rekomendasikan untuk memutar radio online. Dan dapat dengan mudah di download di internet, silahkan searching di google. Setelah anda mempunyai software yang dibutuhkan, saatnya anda berpetualang di internet untuk mencari station radio online, dengan banyaknya radio online berbahasa inggris tentu membuat anda jadi bingung, mana yang harus kita pilih untuk mengasah listening skill kita, saran saya pilihlah radio online dari daratan inggris. Lakukanlah kegiatan ini secara rutin walupun cuma sebentar tapi di lakukan secara rutin itu lebih baik daripada anda mendengarkan radio berbahasa inggris dalam sekali waktu yang lama tapi cuma sekali anda lakukan. Bila mendengarkan secara rutin cepat atau lambat pendengarkan anda akan terbiasa dengan istilah istilah atau percakapan dalam bahasa inggris.

  • Film
Film adalah salah satu sumber yang baik untuk melatih listening skill kita. Pengertian Film di sini tidak hanya film dalam bentuk DVD atau VCD anda juga dapat menonton ya melaui youtube. Youtube adalah sumber tidak terbatas untuk melatih listening skill kita, sebab di youtube kita tidak hanya dapat melihat film yang ada tapi juga dapat mendengarkan pidato pidato berkualitas dari tokoh tokoh dunia, sudah tentu hal ini sangat membantu kita dalam melatih pendengaran kita untuk terbiasa dengan sumber sumber berbahasa Inggris.

  • TV
Sumber yang tak kalah bagusnya untuk melatih listening skill kita adalah TV. Biasakanlah untuk melihat chanel chanel yang berbahasa inggris, tentunya banyak sekali chanel berbahasa inggris bagi yang berlangganan tv berbayar. News chanel merupakan cara yang tepat untuk melatih kita, lihatlah berita yang sudah kita ketahui dengan baik baik di koran maupun di tv lokal. dengan demikian ketika kita menonton chanel berita asing kita sudah ada gambaran tentang berita yang di sampaikan dan juga dapat menerka vocab vocab yang ada.

  • Audio Book
Audio book sekarang ini bukan lah barang yang sulit di cari, di toko buku saya rasa sudah banyak tersedia audio book. Inilah cara yang santai dan lebih fun untuk belajar meningkatkan listening skill kita.




Tentunya masih banyak cara yang lain untuk lebih mengasah listening skill. Kunci dari ielts preparation adalah kreativitas kita dan improvisasi untuk mengukur kemampuan diri kita untuk menguasai beberapa skill yang di ujikan pada ielts test. Walaupung beberapa tempat ielts preparation di jakarta mempunyai alat yang cukup bagus untuk melatih skill kita, improvisasi tetap di perlukan Sehingga kita dapat memilih mana cara yang cepat dan tepat untuk diri kita. Sehingga kita akan lebih optimal ketika mengikuti test ielts.

5 comments:

wah bagus sarannya,, makasiih,, I'll try it ;)

aku pake tips no 1, itu baru aku gunakan akhir akhir ini, tp aku ngax pernah dengar dari british accent karna saya lbh utamakan amarican accent dulu. walaupun kebanyakaan dari kata" yg mereka ucapkan tdk di pahami tp saya yakin seiring belajar dan melatih listening skill lama bisa, setidakny membiasakaan dengar native speaker yg bicara itu sangat membantu, kesulitaan adlh memahami native speaker ketika bicara ketimbang mendengarkan org yg mempelajari b.inggris. tipsnya bagus, keep it up!!.

iya bener banget bermanfaat, tapi kalau dicoba bisa gak yah:0

wow...thank you very much, it's very helpful for our skill listening.
good luck everyone.

Mohon maaf jika saya koment dalam bahasa inggris dan ada kesalahan, mohon dibetulkan, hehehe

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites