INFORMASI SEPUTAR IELTS BESERTA TIPS & TRIK IELTS.. PERTANYAAN DAN SARAN PLEASE CALL 021 5694 7377 / EMAIL : ielts.clc@gmail.com

Cara Cerdas Memilih Tempat Kursus Preparation IELTS


IELTS PREPARATION merupakan salah satu hal yang sangat penting sebelum mengikuti test ielts. Kali ini saya akan memberikan beberapa tips sebelum kita memutuskan untuk mengikuti ielts preparation atau les ielts. Hal yang akan di bahas ini seputar tentang tempat les IELTS atau institusi yang menyelenggarakan IELTS preparation course terutama IELTS preparation course di jakarta dan bukan tentang materi ielts preparation nya, mengapa tempat preparation atau les IELTS menjadi penting ? Karena begitu kita memilih tempat les atau preparation secara tidak langsung kita juga sudah menggantungkan harapan kita akan nilai ielts yang tinggi ke tempat tersebut. Berikut akan saya sampaikan beberapa tips dalam memilih tempat untuk IELTS preparation atau les persiapan IELTS.


Hati Hati dengan Tempat Les atau Kursus IELTS Bergaransi
Belakangan ini banyak kita temukan tempat kursus / les IELTS yang memberi garansi untuk mencapai nilai tertentu. Sebenarnya tempat kursus seperti itu tidak beda dengan tempat kursus pada umumnya. Rata-rata tempat kursus demikian mengenakan biaya cukup mahal dan jam belajar yang lama. Karena keterbatasan waktu, lokasi yang jauh dan macet, jarang sekali pada akhirnya seorang siswa yang kembali untuk mengambil garansi tersebut.


English Placement Test (EPT) Gratis
Selain memberikan garansi, banyak juga tempat kursus IELTS yang memberikan English Placement Test (EPT) gratis atau biaya yang murah. English Placement Test (EPT) yang benar adalah memberikan informasi sejujurnya tentang kemampuan English seseorang, tetapi banyak yang mengunakan cara ini sebagai salah satu taktik marketing untuk menjual program kursus yang berdurasi lama. Seharusnya EPT ini digunakan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan seseorang dalam listening, reading, writing maupun speaking. Dengan adanya hasil analisa yang benar, maka kita dapat mengetahui kemampuan English kita masing masing. Hasil tersebut dapat kita gunakan untuk meningkatkan kekurangan kita, sehingga kita dapat memaksimalkan waktu kita untuk target yang ingin kita capai. Coba bayangkan berapa banyak waktu anda yang akan terbuang dengan hasil yang tidak informatif, itu belum termasuk biaya perjalanan anda ke tempat kursus yang dituju. Sudah saatnya kita lebih kritis supaya kita tidak mudah dibohongi, misalnya hasil placement test kita memang bagus dan dari perkiraan normal sebenarnya kita hanya membutuhkan short course atau sekitar 10-20 jam untuk mencapai target atau nilai yang kita mau, tetapi oleh tempat test kita diharuskan mengikuti long course 50-60 jam dengan garansi bilamana nilai IELTS yg dituju tidak tercapai, dipersilakan untuk kursus gratis. Hal ini tentulah sangat merugikan dari sisi biaya dan waktu. Saran saya ambillah placement test di dua tempat yang berbeda, bandingan hasil test dari kedua tempat tersebut dan program yang ditawarkan. Dengan demikian kita dapat memilih tempat les atau IELTS preparation yang tepat.



Teacher / Guru / Instruktur
Salah satu kunci keberhasilan dalam mengikuti program IELTS preparation course adalah kemampuan kualitas pengajarnya, walaupun peserta les berperan besar dalam keberhasilan test IELTS. Instruktur yang benar dapat mengarahkan kelebihan seseorang dengan waktu yang terbatas sehingga tujuan nilai IELTS dapat dicapai dengan maksimal. Jadi pastikan sebelum anda memutuskan mengikuti IELTS preparation di suatu tempat jangan ragu untuk menanyakan kualifikasi tenaga pengajarnya, akan lebih baik lagi kalau tenaga pengajar nya sudah pernah mengikuti test IELTS sebelumnya, karena ada beberapa tempat yang mengadakan kursus persiapan IELTS atau IELTS preparation di Jakarta yang ternyata tenaga pengajarnya sama sekali tidak pernah mengikuti test IELTS yang sesungguhnya, ini jelas merupakan ironi, di mana pengajar IELTS belum pernah mengikuti test IELTS. Walaupun kemampuan bahasa inggris seorang guru / tutor sangat bagus, tetapi kalau belum pernah mengikuti test IELTS, perlu di ragukan kemampuanya mengajar IELTS, Karena mengajar bahasa Inggris secara umum atau conversation jelas berbeda dengan mengajar IELTS preparation. Akan lebih bagus lagi jika ada tempat les yang memprogram tenaga pengajarnya untuk mengikuti IELTS test secara berkala, Dengan demikian tenaga pengajar atau guru tidak akan ketinggalan format soal soal terbaru dan selalu up to date. Dan satu lagi yang penting, janganlah anda melihat guru itu native atau bukan, guru lokal tidak kalah baik dengan guru guru dari asing, bahkan dalam berbagai kasus, guru lokal jauh lebih baik dalam mengajar materi IELTS ataupun TOEFL. Ingat yang anda pelajari adalah IELTS preparation bukan belajar berbahasa inggris, jadi native ataupun bukan, itu tidak penting!


Source atau Buku yang Digunakan
Tanyakan kepada tempat les yang anda datangi tentang sumber buku yang di pakai untuk mengajar. Jangan ragu untuk bertanya, karena anda membayar untuk itu dan anda berhak mendapatkan yang terbaik untuk IELTS preparation anda. Beruntunglah anda jika buku yang di gunakan untuk mengajar di tempat les anda sebagian besar buku import bukan buku buku IELTS preparation yang mudah di dapatkan di pasaran atau buku lokal. Mungkin buku di pasaran atau lokal tidak lah jelek, tetapi bila suatu tempat les mempunyai banyak buku import hal ini menunjukan keseriusan mereka dalam memperhatikan kualitas kurikulum yang di ajarkan kepada siswanya.


Jadi intinya anda harus berani bertanya sebelum anda mengikuti atau memutuskan IELTS preparation course di suatu tempat. Apalagi anda yang tinggal di jakarta, begitu banyak nya IELTS preparation course di jakarta sehingga kalau tidak jeli hanya akan membuang waktu dan biaya yang tidak sedikit.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites