INFORMASI SEPUTAR IELTS BESERTA TIPS & TRIK IELTS.. PERTANYAAN DAN SARAN PLEASE CALL 021 5694 7377 / EMAIL : ielts.clc@gmail.com

TOEFL or IELTS


Toefl adalah tes bahasa inggris yang diselenggarakan oleh ets dan termasuk cukup populer di indonesia bahkan di dunia. toefl umumnya hanya menguji kemampuan berbahasa inggris mencakup listening, reading dan writing. toefl diterima di semua lembaga pendidikan tinggi di berbagai negara. orang sering mengaitkan toefl dengan amerika, karena memang materi toefl lebih banyak menggunakan bahan yang bernuansa amerika.
ielts adalah tes bahasa inggris yang diorganisir IDP UCLE dan British council. ielts mulai populer beberapa tahun terakhir ini. kelebihan ielts dibandingkan toefl adalah disamping menguji kemampuan listening, reading dan writing, ielts juga menguji kemampuan speaking dengan cara wawancara. jadi tesnya lebih komprehensif. ielts lebih "bernuansa" british english dan diterima di inggris dan negara-negara persemakmuran mis: australia, new zealand, dsb. banyak rekan saya mengakui ielts lebih sulit dari toefl (ini sangat subjektif).
saat ini semua negara bisa menerima toefl dan ielts karena kedua tes sudah diakui secara internasional. cuma memang di Indonesia sendiri masih sedikit lembaga kursus yang memperkenalkan ielts, dan masih sedikit lembaga pendidikan yang menggunakan ielts (ditempat saya ugm-pun belum). referensi tentang toefl di Indonesia jauh lebih banyak dibanding ielts.
biaya tes untuk toefl-pun masih lebih murah ketimbang ielts. untuk lebih jelasnya silakan kunjungi situs terlampir. semoga membantu.

materi referensi:

www.ielts.org
www.indonesia.idp.com
www.ets.org/toefl

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites